Selasa, 28 Juni 2016

Masalah-masalah yang akan datang, bikin kamu naik kelas

Posted By: Firly Kinnara - 3:00 AM


Bukan mau ngomongin masalah naik kelas di sekolah, tapi lebih ke ujian atau masalah yang ada dalam hidup. Lebih njeru..

Tapi konsepnya hampir sama dengan kenaikan kelas di sekolah. Seseorang yang dinyatakan naik kelas dinilai memang lulus menghadapi ujian. Anggap ujian ini adalah masalah yang ada dalam hidup kalian ya.

Semakin banyak masalah, maka semakin banyak pengalaman, juga semakin tegar dalam menghadapi masalah lainnya. Banyak pelajaran yang bisa diambil dan dinikmati untuk dipraktekkan kembali di masalah-masalah yang akan datang.

Perlu memang untuk mengevaluasi suatu masalah, tujuan evaluasi ini bertujuan untuk mencari solusi. Namun kebanyakan orang, saat menemui masalah malah terfokus pada masalahnya bukan penyelesaiannya. Menurutku itu salah.

Harusnya, pelajari masalahnya, kemudian pikirkan solusinya dan terus fokus untuk menyelesaikan bukan mengeluh pada masalahnya. Aku sudah pernah mengatakan, mengeluh adalah hal yang manusiawi. Tapi ya, jangan sehari ngeluh 200juta kali, keluhan akan terus menjerumuskan kalian pada lubang gelap kesedihan. 

Misalnya aja nih, dalam suatu hubungan percintaan, saat diputusin pertama kali, rasanya sakit banget kayak dicubit. Dicubit gorilla. Bakalan sedih bangetlah, di dunia ini cuma terlihat hitam dan putih. Ndak ada warna kebahagiaan dan lain sebagainya.

Namun, setelah pernah merasakan sakitnya diputusin, nantinya bakalan beda lagi rasanya. Kalian jauh lebih tegar soalnya udah pernah merasakan patah hati yang sedihnya gila-gilaan. Nah, itu namanya naik kelas. Kalau sering banget diputusin, selain apes kalian juga bakalan terbiasa sama perasaan patah hati tersebut, akhirnya nanggapinnya santai deh. Naik kelas kan?

Di atas cuma contoh aja ya, soalnya gak normal kalau kalian diputusin terus. Sesekali mutusin lah. he he he..

Masalah gak cuma di percintaan lho, lebih dari itu. Semakin dewasa maka semakin kompleks juga masalah yang akan kalian hadapi. Yang tadinya kalau ada masalah langsung netek ke orang tua, nanti semakin bertambahnya usia kalian, maka kalian bakalan nyari tetek pacar. Gak lah. Kalian mau tidak mau harus menyelesaikan setiap masalah yang ada atau lari dari masalah. Yang pasti pilihan kedua bukanlah cara dari manusia dewasa menyelesaikan masalah.

Ingat wahai pemuda pemudi Indonesia, dari zamannya dinosaurus, hidup tidak pernah menawarkan kemudahan-kemudahan. Stay Strong!


Sumber gambar: kevingreenwired.com

About Firly Kinnara

Seorang yang mendengarkan semua jenis musik, penulis lagu, vokalis sebuah band, editor, dan seorang anak bungsu dari tujuh saudara. Punya pengalaman beberapa tahun sebagai editor di Polimoli.com dan editor berita teknologi di channel Techno.id milik Kapanlagi Network.

0 komentar:

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan bijak dan sopan.

Hahaha.. Terserah sih mau komentar apa saja.

Copyright © Lingkar Cerita

Designed by