Minggu, 22 Januari 2012

potret sinetron kita

Posted By: Firly Kinnara - 11:17 PM
saya ga tau harus bilang apa tentang sinetron indonesia yang pasti saya ada beberapa yang saya ingin sampaikan tentang sinetron di negara kita tercinta ini :

pertama :

dari beberapa hal yang ada di alur ceritanya kita selalu bisa menebak,dimana semua tak ada konflik yang dibeberkan secara misterius,jadi beberapa konflik terbeberkan secara gamblang dengan cara yang biasa,iya biasa aja...ga ada yang special,ga ada yang istimewa,ga ada...ga ada...ga ada....kenapa ga adaaaaaaaaaa.... *bawaannya langsung galau

kedua :

kita selalu disajikan dengan pikiran para tokohnya protagonist maupun antagonist,bukan dari 1 tokoh sajaaa...nah jadi kita sebagai penonton jadi kayak DUKUN bisa denger semua kata hati dan pikiran dari semua yang terlibat di dalam cerita sinetron itu,coba dari sudut pandang salah satu tokoh aja,itu pasti terlihat lebih keren kayak narasi dalam film...dan herannya lagi setiap merencanakan sesuatu yang jahat pasti di akhiri dengan tertawa,nah yang jadi pertanyaan kenapa dia tertawa?? apakah menertawakan rencananya yang bodoh...entahlah,hanya tuhan yang tau....

ketiga:

dari semua sinetron yang ada pemain/aktornya tetep sama,dan perannya yang jahat di sinetron sebelumnya di sinetron baru tetep jahat. jadi ibu-ibu yang suka sinetron klo jalan2 ke mall ketemu ama artis yang dapet peran jahat bawaannya pengen nyakar-nyakar tuh artis gara-gara disinetron si artis pernah nukar anak manusia ama anak kucing pas di rumah sakit....repot daaahhh

terus temanya tetep sama,klo ga anak yang ketuker,yah masalah perusahaan keluarga,atau rebut-rebutan harta keluarga,coba ada tema seperti detektif atau gmn gitu kan bisa jadi keren..asal jgn ceritanya detektif tapi tetep jadi anak yang tertukar terus rebutan harta bapaknya yang meninggal gara-gara panu akut.

terussss...soal backsound/sound effect,ngerasa ga di setiap sinetron itu sound effect nya sama,coba perhatiin deh,pas lagi ngelotot terus di zoom tuh mukanya ampe pori-pori tokohnya keliatan, sound effect nya samaaa ama sinetron yang lain...coba perhatiin deh,siapa yang bisa perhatiin di catat di kertas ntr dikumpulin yahhh...

terus elemen plotnya pasti ada yang namanya AMNESIA, misalnya ketabrak mobil yang biasa aja tapi amnesianya disemua episode,terus ingatannya kembali saat episode terakhir terus selesai deh ceritanya...

masih di elemen plot, pasti pernah ngeliat adegan yang meributkan soal TES DNA,biasanya untuk membuktikan salah satu tokoh itu anak siapa??heran juga sih,anak bisa ketuker gituuuu,ini jadi kayak cerita keluarga kucing yah....

satu lagi masalah elemen plot,kita pasti pernah denger dengan KELUARGA YANG HILANG,biasanya salah satu keluarga ini hilang pas masih kecil dirumah sakit ketuker ama keluarga orang miskin yang jahat tapi herannya anak yang dididik keluarga miskin jahat itu jadi seorang yang baik tapi begonya ga ketulungan masa di jahatin ampe ga wajar tetep aja sabar,terus keluarga yang kaya dan baik ketuker dengan anak yang nanti besarnya jadi orang yang jahat,suka melotot,dan berbicara dalam hati tapi bisa di dengerin di televisi...

masih banyak yang lain,dan terlalu banyak untuk disebutkan disini,harusnya semua element plot yang sudah ada bisa berubah biar ga gampang ketebak ceritanya....

keempat:

cerita membangun karakter secara dangkal,karakter-karakter yang ada kebanyakan ga memiliki latar belakang yang jelas buat ngedukung motif kenapa dia harus berbuat jahatttt....masa tiba-tiba ga seneng ama orang gara-gara suka ama orang yang dia suka terus merencanakan meracuni minuman,membuat rem mobil blong, LU KLO CEMBURU MENDING NGE TWIT DEH DENGAN HASTAG #NOMENTION. itu mungkin lebih baik daripada terlihat seperti PSIKOPAT...

saya juga ga tau kenapa sinetron indonesia harus tragis seperti ini,tapi saya memperkirakan semua sinetron itu mengarah ke segmentasi dengan segmentasi ke penonton yang punya (maaf) pendidikan yang rendah karna kalian bisa nilai sendiri bangsa ini seperti apa? ,karna kebanyakan penonton sinetron indonesia adalah (maaf) yang punya pendidikan rendah. tapi dengan sinetron seperti ini menurut saya malah sama sekali tidak mendidik orang yang punya pendidikan rendah. AYO SEMANGAT PARA SINEAS SINETRON,LAKUKAN PERUBAHAN !!!!!

About Firly Kinnara

Seorang yang mendengarkan semua jenis musik, penulis lagu, vokalis sebuah band, editor, dan seorang anak bungsu dari tujuh saudara. Punya pengalaman beberapa tahun sebagai editor di Polimoli.com dan editor berita teknologi di channel Techno.id milik Kapanlagi Network.

3 komentar:

  1. yups,sinetron indonesia perlu ngelakuin perubahan yg besar dan pemainnya harus yg benar2 bermutu....jgn itu2 aja bosaaaaaaaaan gue liat iklan sinetron di tv artisnya itu2 aja,dripada uang di buang2 buat sinetron nga bermutu gitu mending uangnya buat yg lebih membutuhkan dripada buat bayar artis yg nga bermutu samna sekali.

    BalasHapus
  2. Fuck SINETRON INDONESIA< JANCUK!!

    BalasHapus

Mari berkomentar dengan bijak dan sopan.

Hahaha.. Terserah sih mau komentar apa saja.

Copyright © Lingkar Cerita

Designed by