Sabtu, 28 Januari 2012

hedonisme. gaya hidup atau penyakit??

Posted By: Firly Kinnara - 11:19 PM

Selamat malam/siang/subuh/sore/pagi apapun kondisi matahari hari ini..

Saya bakal serius untuk menuliskan artikel ini,jadi tolong jangan memancing saya untuk bercanda. Jelas?

Ini melalui sudut pandang saya untuk berpendapat tentang gaya hidup yang hura-hura,foya-foya,dan huha..huha..huha..huha… (yang huha..huha..huha saya ga ngerti,lebih pendeknya saya sebut saja ini sebagai gaya hidup HEDONISME)

Kita sering mendengar bukan dengan gaya hidup HEDONISME? Apa yang ada di benak kalian ketika mendengar kata HEDONISME? Glamour? Hura-hura? Menyenangkan? Banyak duit??
Apapun yang kalian pikirkan itu berkaitan dengan apa yang akan saya bahas disini…

Fenomena gaya hidup seperti ini sudah sering ditemui di masyarakat kita,bener ga? apalagi kaum muda kita,klo namanya ngambur2in duit pasti jago daaahh….hayyoo…ngakuu…
Gaya hidup yang seperti ini memang tidak ada salahnya jika di terapkan di kehidupan kita,dan itu adalah hak setiap manusia yang bernafas. Ketika kalian mampu dengan hidup yang menganut paham ini saya akui itu bagus alasannya adalah kalian telah mampu dan mempunyai kehidupan ekonomi/financial yang baik,  dan saya melihat semakin banyak anak muda yang menganut paham ini, itu sangat bagus berarti ekonomi negara ini telah maju begitu pesat..bener kan??jadi ntr para bule-bule bisa bilang “gila anak mudanya Indonesia pada keren semua !!!!” nah coba tanda bawahi kata keren yang ada di percakapan itu…

Oke sudah di tandabawahi kata “ keren” tadi? Sekarang kita  bahas lebih dalam lagi,konsentrasssiiii….

Setelah adanya kata keren ini, hedonisme menjadi meningkat kawan-kawan.lho kok bisa?? Sabarrr ini baru mau dijelasin….
Untuk meningkatkan ke-keren-an,maka paling banyak jalur yang diambil anak muda kita adalah menjadi penganut hedonisme ini,padahal jadi keren itu bisa melalui banyak hal lho…tapi banyak yang memilih hedonisme karena jalan yang gampang, tanpa berprestasi tapi bisa tampil keren !! ,nah klo yang ngambil jalur ini pas orang yang emang bener-bener tajir maka itu ga ada masalah,selama “bapak” mereka mampu untuk  membiayai dana untuk “dugem”,”beli mobil”,”modif mobil”,dan apapun lah yang tujuannya untuk menghamburkan uang sang “bapak”.

Berarti anak-anak yang bukan berasal dari keluarga yang ga tajir ga boleh donk menganut paham ini?? pertanyaan yang aneh…
Jawabannya adalah BOLEH,semua boleh menganut paham hedonisme ini,tetapi ketika ekonomi tidak mampu dalam menjalankan gaya hidup seperti ini maka saya nyatakan itu bukan sebuah gaya hidup yang di anut tapi SEBUAH PENYAKIT. Alasannya adalah ketika menganut gaya hidup ini,pertama yang harus dipikirkan “uang adalah sumber kesenangan” nah ketika seorang penganut ini berasal dari keluarga yang berekonomi lemah maka ga heran mereka bakal menipu orang tua mereka sendiri dengan modus biaya kuliah dan akhirnya uang dari ortu dibuat dugem lah,shoppinglah,nyabut bulu ketek disalon kecantikanlah,apalah,apalah,apalah banyaklah pokoknya… (kenapa banyak imbuhan lah gini???)

Dan ketika sudah menganut gaya hidup hedonis,maka gengsi akan semakin besar,ketika gengsi semakin besar,  maka akan jauh terpuruk,kenapa bisa terpuruk?yah..seorang penganut gaya hidup ini sudah dipastikan berteman dengan orang yang punya gaya hidup yang sama. ketika orang dari lingkungan gaya hidup ini memamerkan barang baru mereka,misalnya tas yang bermerk,sepatu bermerk,apapun barang yang bermerk bisa dipastikan gengsi memainkan peran yang besar dalam pikiran setiap orang yang ada didalam lingkungan tersebut artinya satu sama sama lain iri karena gengsi ,lahhhh klo yang udah tajir mah enak tinggal telepon bapaknya Cuma bilang “paaaaaahhh…aku pengen sepatu merk ini donkkk..beliin yah paaaaa,klo papa ga beliin aku bakal bunuh diri pake seruling bambu…sumpah !!!” (pertanyaannya emang bisa??)

ketika dalam situasi seperti ini bagaimana dengan orang yang berekonomi lemah??
Pastinya mereka akan bersandiwara , karena dunia ini bagai panggung sandiwara bagi mereka,mirip judul lagu yah??
Jadi ga heran kadang saking addict nya mereka dengan paham ini,mereka bakal melakukan cara apapun untuk bisa mendapatkan uang secara instant,nah ini yang berbahaya apalagi untuk para wanita wahh…wahh…wahh….bisa dibayangkan kan??
Entah,gaya hidup atau penyakit? tapi saya lebih senang menyebut ini penyakit..

ini gambaran kecil saja dari saya,pemuda kita banyak yang salah kaprah tentang gaya hidup ini. Sederhanalah dalam hidup…
bijaksanalah dalam setiap hal teman…
saya bukan orang pembenci gaya hidup hedonis,saya tidak mampu untuk hidup seperti ini dan tidak ada tuntutan di hidup saya untuk menganut gaya hidup hedon ini..


semoga bermanfaat membaca sedikit tulisan ini…


About Firly Kinnara

Seorang yang mendengarkan semua jenis musik, penulis lagu, vokalis sebuah band, editor, dan seorang anak bungsu dari tujuh saudara. Punya pengalaman beberapa tahun sebagai editor di Polimoli.com dan editor berita teknologi di channel Techno.id milik Kapanlagi Network.

0 komentar:

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan bijak dan sopan.

Hahaha.. Terserah sih mau komentar apa saja.

Copyright © Lingkar Cerita

Designed by