Rabu, 16 Desember 2015

Contoh Terima kasih tidak pada tempatnya

Posted By: Firly Kinnara - 1:10 PM
Terima kasih Net TV @ Youtube.com

Menurut KBBI, Terima Kasih/te·ri·ma ka·sih/ n rasa syukur atau berterima kasih/ber·te·ri·ma ka·sih/ adalah mengucap syukur; melahirkan rasa syukur atau membalas budi setelah menerima kebaikan dan sebagainya.

Di dalam kehidupan sosial, 'terima kasih' ini acap kali kalian ucapkan ataupun kalian terima. Namun, belakangan ucapan ini sering salah tempat, salah jalur, dan salah orang. Apalagi contoh salah tempat, salah jalur, dan salah orang ini disiarkan oleh televisi Indonesia.

Dalam gelaran Piala Jenderal Sudirman, Net TV menjadi TV resmi yang menyiarkan seluruh pertandingan kejuaraan tersebut. Untuk segi kualitas siaran, Net adalah yang terbaik karena menampilkan gambar HD nan jernih layaknya paha girls band Korea Selatan ke TV semua pemirsanya. Saya sendiri yang menjagokan Arema Malang dalam kejuaraan ini puas dengan suguhan gambar dari stasiun TV yang terhitung baru tersebut.

Namun sayangnya dalam siaran tersebut, Net tidak jauh berbeda dengan ANTV. Pasalnya Net TV dalam beberapa siaran langsungnya selalu menampilkan penonton yang membawa kertas karton ucapan 'terima kasih', seperti gambar di bawah ini.

Supporter di stadion saat ISL @ flowercityboys.blogspot.com
Saya merasa tergelitik dengan fenomena tersebut semenjak muncul di laga ISL besutan PSSI yang kini tengah dibekukan oleh FIFA. Entah apa alasannya, hal ini menjadi tidak relevan menurut saya. Masalahnya, yang mengucapkan terima kasih malah supporter yang ada di Stadion. Laah, kan itu orang nonton langsung di stadion, ndak di TV! Harusnya ya, pemirsa yang nonton TV dong yang melakukan hal ini. Bener gak?

Yang bener, penonton di stadion membawa karton 'terima kasih' untuk pihak-pihak penyelenggara pertandingan, bukan sama stasiun TV. Misalnya "Terima kasih bapak-bapak panitia penyelenggara pertandingan, kami beli tiketnya di calo lho." ucapan ini lebih relevan dibandingkan ucapan terima kasih ke TV.

Nah, hal ini jelas sebuah iklan, namun iklan juga butuh kemasan yang cerdas, bukan? Walaupun begitu, menurut saya ini semua juga bukan salahnya Net TV, bisa jadi salahnya si supporter yang mau aja diperalat TV dan garis bawahi juga jika kesalahan ini tidak ada kaitannya dengan revolusi mental yang diusung Jokowi.

Terima kasih sudah membaca - contoh ucapan yang tidak salah tempat. 

About Firly Kinnara

Seorang yang mendengarkan semua jenis musik, penulis lagu, vokalis sebuah band, editor, dan seorang anak bungsu dari tujuh saudara. Punya pengalaman beberapa tahun sebagai editor di Polimoli.com dan editor berita teknologi di channel Techno.id milik Kapanlagi Network.

0 komentar:

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan bijak dan sopan.

Hahaha.. Terserah sih mau komentar apa saja.

Copyright © Lingkar Cerita

Designed by